Sunday, September 18, 2016

Nabi Idris A.S. adalah Nabi Kedua

Sebelum kita membahas Nabi yang kedua, tentunya kita harus merampungkan atau menyelesaikan cerita atau sejarah yang pertama yaitu Nabi Pertama adalah Nabi Adam A.S. dan sebagaimana telah dijelaskan bahwa Nabi Pertama ini memiliki keturunan sebanyak dua puluh satu kali dari rahim Hawa, setiap kali melahirkan selalu kembar, terdiri dari seorang laki laki dan seorang perempuan, kecuali yang terakhir, yang kemudian menjadi Nabi 'Syits' namanya. Hal yang demikian itu terjadi diantara anak anak Nabi Adam A.S. yang bernama Iqlima seorang wanita yang tercantik daripada Labuda yang lahirnya kembar dengan Qabil, Labuda lahir kembar dengan Habil.

Qabil yang tetap mencintai dan ingin menikahi saudaranya yaitu Iqlima sementara ayahnya (Nabi Adam A.S.) tetap menolak keputusan Qabil, selang itu Allah menerima kurban dari Habil, yang harus mengawini Iqlima. sementara nafsu Qabil selalu hendak membunuh Habil, setelah Habil di bunuh oleh Qabil maka Qabil pun merasa bingung dan harus bagaimana caranya (menguburkan, kalau bahasa kita sekarang) saudaranya itu. dikala ia kebingungan, Allah memperlihatkan kepadanya dua ekor burung gagak yang sedang berkelahi  dan seekor diantaranya mati terbunuh, maka yang masih hidup itu menggali tanah lalu bangkai kawannya itu dikuburkan kedalam lubang yang kemudian ditimbuninya kembali oleh (tanah, kalau sekarang-mungkin jaman dulu hanya pasir?).

Melihat kejadian itu Qabil dapat menguburkan mayat saudaranya itu, semenjak kejadian itu, Habil adalah orang pertama kali yang mati (meninggal dunia) dimuka bumi (Dunia),

Nabi Adam A.S. wafat dalam usianya seribu tahun dan setahun kemudian Hawa-Siti Hawa pun meninggal dunia, sebagian riwayatnya mengatakan Nabi Adam A.S. dimakamkan dinegeri Mekkah/Jeddah, berdekatan dengan makam isterinya. kemudian didalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori; Sesungguhnya Allah S.W.T. menjadikan Nabi Adam A.S. pada hari Jum'at, diturunkan kebumi pada hari Jum'at dan bertobat kepada Allah karena memakan buah Khuldi itu pada hari Jum'at dan wafat pada hari Jum'at.

Demikianlah Kisah Sejarah dari Nabi Pertama Kita, Selanjutnya:

Nabi Idris A.S. adalah Nabi Kedua : Nabi Idris A.S. adalah keturunan dari kakek bapak Nabi Nuh A.S. kepada Nabi Idris A.S. ini Allah menurunkan 30 shahifah (lembaran) yang berisi petunjuk petunjuk dari Allah S.W.T. untuk disampaikan kepada umatnya yaitu keturunan Qabil yang durhaka kepada Allah S.W.T.

Selain itu, riwayat Nabi Idris A.S. menyangkut dengan Ilmu Pengetahuannya, karena Beliau lah yang awal mula pandai menulis dan membaca, ilmu hitung, ilmu perbintangan (falak) ilmu jahit menjahit, ilmu merancak kuda dan memerangi orang orang yang durhaka kepada Allah S.W.T.

Beliau tidak lalai sedikitpun dari mengingat Allah, walaupun sedang sibuk menghadapi soal soal kepentingannya sehari hari, karena Beliau seorang yang gagah berani dan beliau seorang yang mempunyai kekuatan yang luar biasa, sehingga dapat memerangi orang orangyang durhaka dan Beliau juga diberikan gelar; As Adul Usud yang artinya Singa dari segala Singa dan Allah telah memberikan kepadanya derajat yang tinggi.

Allah menerangkan dalam firmanya; dalam Surat Maryam ayat: 56-57 yang artinya  "Dan ceritakanlah hai Muhammad, kisah Idris yang tersebut didalam Al'quran bahwa Idris adalah seorang Nabi. dan Allah telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi ()

Sebagian ahli tafsir mengatakan; Maka tatkala terbuka bagi Nabi Idris A.S. untuk berkelana dengan para Malaikat maka Idris timbul dalam hatinya ingin untuk melihat alam gaib (naik ke langit), maka keinginan Idris ke langit (alam gaib), diriwayatkan oleh Bukhori dan linnya dari Anas bin Malik; Dikala Nabi Muhammad S.A.W. dan Jibril melalui suatu tempat pada malam Isra' dan Mi'raj, Nabi Muhammad telah bertemu dengan Nabi Idris A.S. yang menyambutnya dengan ucapan; Siapakah dia? Malaikat Jibril menjawab; Dialah Idris, didalam Al'quran Allah S.W.T. berfirman; dalam Surat Al'ambiya ayat 85-86 yang artinya "Ingatlah akan kisah Ismail, Idris dan Zulkifli. masing masing masuk golongan orang orang yang sabar, kami masukkan mereka itu kedalam rahmat Kami, sesungguhnya mereka itu adalah orang orang yang shalih."

Demikianlah Kisah Sejarah dari Nabi Idris A.S. adalah Nabi Kedua - semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi juga motivasi kepada kita semua agar kita senantiasa menjadi pribadi yang sabar dan baik tentunya. dan untuk kisah lanjutanya Siapa Nabi keTiga silahkan klik disini

Artikel Terkait

Nabi Idris A.S. adalah Nabi Kedua
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email